Hari gini masih ada yang denger radio?
Tentunya masih ada dong! Tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital sekarang pendengar radio sudah mulai menurun. Terlebih lagi zaman digital ini sudah didominasi oleh banyak gen Z. Generasi Z atau biasa disebut dengan gen Z adalah generasi peralihan dari generasi Y atau milenial. Menurut Pew Research Center, gen Z merupakan generasi yang lahir antara tahun 1997-2012. Mereka ini dikenal sebagai generasi pertama yang tumbuh dengan dunia internet dan koneksi digital. Sebagian besar dari mereka sudah lahir pada saat smartphone sudah mulai berkembang dengan baik.
Dahulu, masyarakat belum memiliki akses mudah untuk mendengarkan musik maupun mendengarkan pembicaraan seputar topik-topik tertentu. Radio menjadi satu-satunya sumber bagi masyarakat untuk mendengarkan musik dan juga pembicaraan secara gratis dan mudah. Oleh karena itu, radio merupakan media yang paling sering digunakan. Seiring berjalannya waktu, teknologi digital semakin berkembang dan memunculkan beberapa aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat mendengarkan musik serta dapat memilih sesuai dengan keinginan mereka. Dengan adanya teknologi digital, gen Z cenderung memilih untuk mencari media yang dapat didengar melalui aplikasi ataupun sosial media yang sedang ramai digunakan. Adanya podcast dan aplikasi musik digital mempengaruhi gen z dalam mengkonsumsi sebuah media. Contoh dari aplikasi tersebut adalah Spotify dan juga YouTube. Di Spotify, terdapat banyak pilihan musik dan juga podcast yang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam genre dan topik. Spotify menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh gen Z, terutama di Indonesia. Selain itu, terdapat YouTube yang menyediakan bukan hanya media yang dapat didengar, tetapi juga visualisasi dari musik dan podcast. Saat ini, banyak radio yang sudah mengikuti perkembangan teknologi dengan membuka website sehingga saluran mereka dapat didengar melalui teknologi digital.
Ingin baca lebih lanjut? Klik link di bawah, ya!
https://www.binus.tv/virtual-lab/
Komentar
Posting Komentar